LPJK
LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI LPJK
Construction Service Development Board
Informasi Penting Bagi Admin SIKI : Aplikasi Webbase akan ditutup setelah tanggal 31 Maret 2014, Semua data SBU ASMET diwebbase akan dapat dikonversi menjadi SBU KBLI di Aplikasi Desktop mulai tanggal 1 April 2014, LPJK Mengucapkan Selamat Kepada Bapak Dr. (HC) Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE (Menteri Pekerjaan Umum) Atas pemberian penghargaan dari International Federation Of Asian and Western Pacific Constractor Association (IFAWPCA) Berupa "ATSUMI AWARD" Atas pengaruh yang luar biasa dalam pengembangan Industri Konstruksi Nasional, Jakarta 5 Maret 2014, Bagi AKTK dan AKBU yang belum mendapatkan username dan password SIKI, dapat menghubungi diklatlpjkn@gmail.com , Download SE LPJKN NO 7 Tahun 2013 Perihal Pendaftaran Ulang Asosiasi Perusahaan dan Asosiasi Profesi



RKU LPJK Kalimantan Timur


Kamis,17 Januari 2013 - 00:00:00 WIB

SAMARINDA - Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) selaku lembaga yang bertugas melakukan registrasi terhadap Sertifikasi Badan Usaha (SBU) dan Sertifikasi Tenaga Kerja (STK) yang selama ini dilakukan asosiasi yang mendapat akreditasi dari LPJK. Kini, penerbitan SBU dan STK akan ditertibkan dengan membentuk Unit SBU dan Unit STK yang bertugas melakukan pendataan dan proses terbitnya SBU dan STK di LPJK. Proses pembentukan tim pengarah USBU dan USTK LPJK Kaltim itu menghadirkan Anggota Pengurus LPJK Nasional, Harry Purwantara dan Kabid Kelembagaan Pusat Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Kementerian Pekerjaan Umum, Indra Sjafei. "Hari ini adalah membentuk tim pembentuk pengarah USBU dan USTK LPJK Kaltim. Setelah tim ini terbentuk, akan dilanjutkan membentuk dengan tugas tim pengarah membentuk tim pelaksana unit SBU dan STK," jelas Anggota Pengurus LPJK Nasional, Harry Purwantara kepada Koran Kaltim, disela-sela pertemuan berlangsung di Hotel Grand Sawit, kemarin. Ia menjelaskan, pembentukan USBU dan USTK merupakan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2010 tentang Perubahan PP Nomor 28 Tahun 2000 tentang Usaha dan Peran Masyarakat Jasa Konstruksi. Dalam PP tersebut mengamanatkan bahwa proses sertifikasi akan dilakukan unit sertifikasi, yakni SBU dan STK.

"Tujuan dibentuknya USBU dan USTK mengacu pada amanat PP Nomor 4 Tahun 2010. Dengan begitu, proses sertifikasi akan dilakukan unit sertifikasi yang terbagi dua, yakni SBU dan STK. Tugas USBU dan USTK lebih kepada tertib administrasi. Selama ini sertifikasi dilakukan asosiasi yang mendapat akreditasi dari LPJK, kedepannya sertifikasi akan ditangani langsung USBK dan USTK," jelas Harry. Sementara itu, Kabid Kelembagaan Pusat Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Kementerian Pekerjaan Umum, Indra Syafei menambahkan, tugas pemerintah memfasilitasi pembentukan USBU dan USTK. Karena, sesuai target, unit ini diharapkan terbentuk secara nasional hingga Juni 2013.

"Dari 4 amanat Permen PU Nomor 10, ditargetkan terbentuk seluruh provinsi pada Agustus 2012 lalu. Karena terkendala dengan berbagai aturan dan petunjuk teknis yang baru terbit. Jadi, pembentukan seluruh provinsi ditunda hingga Juni 2013," jelas Indra. Disebutkan, saat ini tim USBK dan USTK Kementerian PU telah berada di 12 provinsi termasuk Kaltim. Khusus di Kalimantan, Kaltim menjadi provinsi pertama yang memproses pembentukan tim pembentuk pengarah USBK dan USTK.

"Dari 33 provinsi di Indonesia yang kita fasilitasi dan mengawal proses pembentukannya baru 12 provinsi dari 33 provinsi. Kaltim yang pertama di Kalimantan dan diharapkan Juni 2013 sudah terbentuk seluruh provinsi di Indonesia, karena paralel dan peranan bertujuan membantu badan usaha yang ingin naik kelas dan sertifikasi difasilitasi USBU dan USTK," tambah Indra. Sedangkan Ketua LPJK Kaltim, Slamet Suhariadi menambahkan USBU dan USTK merupakan unit yang bekerja untuk melakukan verifikasi berbagai berkas yang diajukan badan usaha dan lembaga profesi. Namun, unit ini masih menjadi bagian dari LPJK Kaltim dan bertanggung jawab terhadap LPJK Kaltim.

"Salah satu tugas LPJK itu melakukan registrasi SBU dan STK. Karena LPJK berbenah, maka proses sertifikasi diserahkan ke tim Unit SBU dan Unit STK agar tim bekerja independen, meski tetap bagian LPJK," tambah Slamet. Karena itu, dengan terbukanya peluang mengisi USBU dan USTK, pihaknya ingin merekrut seluruh kalangan untuk bergabung di dalam unit tersebut. Khususnya pengguna jasa, professional, asosiasi dan stakeholder. Karena, ia berharap sertifikasi benar-benar berlangsung independen dan transparan.

"Semua unsur akan dilibatkan, baik pakar, asosiasi, BUMN, perguruan tinggi, jasa konstruksi. Hanya saja, USBK dan USTK LPJK Kaltim masih dalam rangkaian pembentukan tim unsur pengarah. Setelah terbentuk tim pengarah akan dibentuk pelaksana unit. Target nasional Juni 2013 sudah terbentuk, karena itu Kaltim menargetkan akan terbentuk sesua target," terangnya. (ca)


-

Berita Terkait

  EXTERNAL LINK
 
Kementerian Pekerjaan Umum
 
Badan Pembina Konstruksi
 
Pembina Jasa Konstruksi
 
Kementrian ESDM
 
Kementerian Perindustrian
 
BAPPENAS
 
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  STATISTIK
 
Badan Usaha Jasa Konstruksi
 
Tenaga Ahli 2013
 
Tenaga Terampil 2013
  Badan Usaha
 
Daftar Registrasi Badan Usaha 2013
 
Badan Usaha Bersertifikat ISO 9000
 
Badan Usaha Asing
 
Daftar Sanksi Badan Usaha
 
Daftar Asesor Badan Usaha
Copyright © 2012. Lembaga Pengembangan Jasa Kosntruksi Nasional. All Rights Reserved.
Balai Krida, Jl. Iskandarsyah Raya No 35 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Telp : 62-21-7201476 Fax : 62-21-7201472 email : lpjkn@